Senin, 06 Oktober 2014

CUMI-CUMI (kisah persahabatan)

     Mata saya terasa perih saat cahaya matahari tepat menyorot  tajam pas di wajah saya, saat saya dan adik sepupu baru keluar dari toko buku Jl. Sudirman di sore itu.

     Meski demikian, dengan cahaya kuning keemasannya sungguh bak potongan potongan cahaya yang sukses menghanggatkan udara kota sore ini. Semenjak pagi hari kota lancang kuning ini di guyur hujan yang begitu lebat. Moment setelah asyar  Jalan nampak kian ramai, dipadati aktifitas manusia yang lalu lalang, jelas ini jam pulang kerja.

     Di Halte, tempat kami yang lagi duduk diam menunggu bus trans 01, ditengah-tengah keramaian orang . konsentrasi saya  tadinya hanya ke beberapa buku yang baru saja kami beli, sesaat percah seketika.  ada sesuatu yang menyita perhatian saya. Sedangkan sepupu saya ia lagi sibuk menikmati beberapa cemilan dari dalam kantongnya. Saya kembali menerawang berupa suara-suara yang menyita perhatian saya sedari tadi.

 “@#$$%@&*(^%# “?:> “ mereka saling “cekikikan”. ia adalah  Seorang pelajar  gendut (mahasiswa) berkaos kuning sederhana ia menggenakan tas ransel coklat di punggungnya. ia juga nampak memegang setumpuk print an kertas jilid, semacam document-document kira-kira  tujuh print-nan, setiap print_nannya berkisar 90 lembar kertas AVS putih. Sungguh tebal, kelihatan jelas kilatan keringat di wajahnya.

     Bersamanya ada seorang mahasiswi berbadan kurus mungil. mereka saling tertawa di sela-sela pembicaraan mereka, Ia mengenakan tas lusuh berbaju putih (sudah mulai menguning begitu) beserta rok hitam yang rapi. Di bahunya ada semacam jas abu-abu yang di kalungkan. Ia juga memegang beberapa buku beserta resume, tanganya satu lagi memegang berupa kantong berisi potong kotak makanan. 

      Dalam pikiran saya. hmmm?? “Wajar saja  ia begitu kelelahan menghadapi sore ini” tapi mereka tak henti-hentinya ber exptresi yang  bikin mereka saling gelak tawa. Haha… saya jadi ikut tertawa melihat tingkah mereka. melihat dua anak manusia sederhana itu, mereka begitu berbeda tapi nampak saling melengkapi .  satu kata buat mereka  ”gokil”.

     Didalam bus trans ini mereka terus bercerita dan saling cekikikan..walau tak jelas, hingga dua orang ibu-ibu yang baru saja mereka persilahkan untuk duduk pun ikut-ikutan ngakak.. (sementara mereka berdiri). Dua anak manusia aneh itu berdiri Tepat didepan kami, hal ini mengingatkan saya akan suatu masa lalu, tentang seseorang yang “gila”nya serupa  dengan mereka  Bhahahah…!!! :-D

    Semua  dimulai kala  awal-awal masuk kuliah, seperti mahasiswa pada umumnya. Moment perkenalan diri di kelas adalah hal yang wajib di lakuin oleh setiap mahasiswa baru .sebelum dosen memulai kelas perdananya, Perkenalan diri kadang menjadi momok bagi sebagian teman-teman, karena umumnya di jurusan teknik itu mayoritas penduduknya adalah laki-laki men!!, dan mereka rata-rata suka ngeledek semua dan itu termasuk saya haha!! :-D, disaat itu lah kita-kita mulai saling mengenal satu sama lain, mulai dari karakter masing-masing, hobi, kebiasaan, gaya, budaya, dan tingkat kegilaannya.

Saya sadar dan bahkan sangat  sadar malah bahwa  belajar di Teknik Kimia itu tidaklah mudah men!! Hehe saya tidak akan membahas persoalan ini .sory

      Saat perkenalan berlangsung, seperti yang sama-sama kita ketahui saudara-saudara!!!, pasti kalian pada jaga-jaga imejs gitu kan?? Ya sudah jujur saja Bhahaha!!. Karena memang kalian pada baru ketemu, belum terbiasa dan malu-malu.hehe.  *saya juga gitu soalnya.. ckckckckc

     Suatu siang yang cerah, di dalam kelas “sayup-sayup aneh saya mendengar salah satu mahasiswi di kelas kala itu memperkenalkan diri , yah suaranya agak Cempreng memang, keras. untungnya saya masih bisa menangkap suara itu.. ops!!  setelah beberapa hari berlalu,  saya baru tau namanya  adalah Sara Purba (si “cumi” manusia aneh, gila & gokil) . Yang saya tau ia adalah mahasiswi biasa, sederhana, respect  kepada banyak  orang . ia merantau ke kota Padang untuk menuntut ilmu. “Iya.. anda  betul”, ia berasal dari Medan (Sumatera Utara). Sejujurnya masih banyak sahabat2  dari Medan dan daerah  yang lainya, bisa di bilang satu kelas itu suda jadi saudara dong  yak.

    Saya mahasiwa biasa, berperekonomian kelas menengah. secara otomatis menjelma menjadi mahasiswa yang seringkali mencari peluang kerja part time di luar jam kelas. selama kuliah saya pernah bekerja di Katering Makanan, ngajar les, tukang cat, tukang angkat dan semacamnya.gak banyak yang tau menganai hal ini, Semoga lain kali saya bisa bercerita tentang masa-masa itu :-)

dalam perjalanan perkuliahan, tentunya kita bakal nemuin manusia/ makluk yang luar biasa dimana ia bisa di bilang spesial men!! Saya pikir hal  ini berlaku pada semua orang.(*rad: orang waras)
Hal pertama, barangkali di kisah nyata ini (alah… Gaya nyo ^_^)  adanya unsur ketidak sengajaan broo!!. terciptanya satu panggilan yang bisa dibilang aneh banget ngett… ngeeettt.

      Panggilan “Cumi”, kata itu bukan berasal dari cumi-cumi yang hidup di lautan. tapi  kata ini berawal dari kebiasaan pelajar kere yang hanya bisa miscall dikala nanya tugas dah siap ato belom?, kata miscall (cumi=Cuma miscall)  populer di tahun 2009-2010 (sampai ada tercipta lagu dangdut dg judul yang sama hahaha :-p ) . “Cuma Miscall” biasanya  harus digunakan saat pesan singkat tak kunjung dibalas men!!! :-D 

     Karena saya nya keterlaluan sering miscall tu anak, ia juga membalas seperti yang saya lakukan *mungkin dia kesal sekali Bro!! hahaha  :D.

Besoknya di kampus saya iseng manggil dia yang masih begitu cuek banget, dengan pangilan “cumi”, cumi woy!! Woy!! Woy!! Apa lo!! Apa!! Haaa???  Yah… ngeledekin ga jelas gitu HAHA. 

      Saya kira musuh baru saya itu ga begitu nanggepin ejekan saya, eh dianya ngebalas dengan cara yang sama , panggilan yang sama di timpali dengan logat orang sumatera utara. Haa?? Mampus deh… “bahhhhh..cam mana ini”?? *mulai cemas saya. Semejak itu saya mulai tidak akur dengan anak itu, mulai horor kisahnya bro.

     Siang itu ada kelas, bidang pangan gitu. saya masih inggat di gedung A, si dosen sedang sibuk sibuk bagi kelompok *berpasang2an, buat tugas persentasi. Saya bukan kaget karena tugas yang di kasi si dosen, saya yang lagi panas-panasnya ngeledek manusia yang bernama cumi. Eh si dosen malah milih aku jadi temannya ngerjain tuh  tugas, saya tau itu adalah keputusan kebetulan, kesalahan,  kekhilafan seorang dosen (manusia biasa) dan tentunya itu semua misteri yang belum terpecahkan sampai saat ini. maaaakk jaaaangg!! B-D   

Nah saya mau kaya gimana gitu…  ngadepin manusia yang penuh eXpresif, dah gitu orangnya cuek lagi. Oh my god!!. Saya tau ini salah satu cobaan bagi seorang mahasiswa seperti saya yang gemar ngisengin orang , ehh malah dapet lawan yang suka ngeledek juga.haha

Dalam ngerjain tugas itu, saya nya mau tak mau harus berbuat sesuatu dong yah minsalnya ngasih dia semangat “hayo cumii.. semangat!!! Semangat!! Kamu pasti bisa!! Kamu pasti  bisa!! Gitu deh kerjaannya saya  hingga tugasnya kelarrrrrr. wkwkwkw. #enak_bener

 ehh... u masih ingett dengan tulisan ini?? "iya ..ini tu tulisan u, 
waktu di lab bawah TeKim, waktu pratikum akunya lagi ngafal Vocabulary di note ku
di bagian depan u tulis ini.  

ini jugah... kata semangatnya u tulis !!  sok Intelek haha
tapi note ini masih ada lho sampai saat ini :-D

Cari bahan sama-sama, cari referensi, bikin slide persentasi juga sama-sama, nah saya juga masih ejek ejekan sama dia waktu itu. walau pun saya di panggil si cumi gila. Tapi saya mah santai aja.. hahaha.*bego yah.. 

Saudara-saudara sekalian, sifat  si cumi ini yang awalnya saya kira waras *maksutnya sama dengan manusia pada umumnya., ehh..  ternyata,  oh ternyata. saya “salah”men, rupanya dia juga SeDeng sama kaya saya *mak jang… Sedeng ketemu sedeng = gokil dong yah, :-D *maksa.

Perlu berbulan-bulan bagi saya bagaimana bisa meyakinkan bahwa Solok Selatan itu ada kehidapan, nah saya lah contohnya. Apakah masih kurang nyata keberadaan saya?? Haaa????, ah dia tetep saja tidak percaya dan mengerti dengan penjelasaan saya yang begitu panjang dan lebar, bahkan saya sendiri ngak ngerti apa yang saya jelaskan ckckckck *_^   

***
Kau lebih dari sekedar bintang-bintang, kau lebih dari sekedar sang rembulan malam di buminya maling kundang

Kebersamaan rasa yang muncul keAlam yang tak pernah kita duga, kau aneh!! apa lagi dia yang mengatakan kau aneh

Kau muncul dari sudut kelas yang tak pernah ku anggap ada sebelumnya, cuek. itu lah dirimu
Keleluasaan berekpresi mu mengeringkan air mata ini yang seharusnya jatuh perlahan-lahan
***

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Cerita mulai nyata saat rangkaian huruf-huruf  itu menjelma menjadi bait kata yang hanya kita bisa mengerti
Koneksi internet perpustakaan menjadi kajian rutin di kala freeClass, dan penjaganya bilang “ya ampuun kalian lagi”??
Di setiap perputaran waktu, mengejek satu sama lain sudah menjadi Kulture yang tak terbantahkan
Kotak papan warnet “dedek”dijadikan tempat brantem, ku tau saat itu dia merindukan kita. Dikala tak kunjung dikunjungi lagi
Potongan gorengan bakwan hanget si abang goreng menjadikan lalapan sederhana si anak kos, pesona itu tak tergantikan lho!!
Rasa nyilu itu masih membekas di kulit kaki ini men!!, kala sepatu mu menginjak nya dengan sesuka hati dan kemudian memasang tampang polos geje
Kita tak pernah bisa mengerti alasan apa kecocokan itu muncul sob, kemudian terus ada dalam secarik sejarah kehidupan
Lomba lari di sepanjang jalan pantai muaro panjalinan, kau lepas alas kaki dan berlari bebas. ku masih ingat kau begitu tersengal sengal saat itu hoho
Si kaos biru yang malang,  ia masih ada sampai saat ini dan aku juga percaya di bahunya masih ada Air ilerrr mu.. sekali lagi ilerrr mu…cumi T_T
Bus khatip sulaiman Padang menjadi saksi bisu keren, dimana kedua kaki itu ga sampai ke lantai bus. Hal itu membuat ku serasa menjadi pemenang juara kelas dunia, telak banget pokoknya haha.
Menyusuri hamparan teh nan luas menawan hati menjadikan kisah persahabatan sederhana itu menjadi indah, ada butiran semangat di setiap lembar daun daun  
Saat riak-riak danau kembar alahan panjang menggoda cerita asik di pinggir nya, berangin sepoi-sepoi, bercerita tentang rencana di masa yang akan datang. dan mengukir janji untuk tidak saling melupakan di kemudian hari.

+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
I MISS U ^-^  Ra_Pooh _si manusia Cumiii,,GoKiLL!! haha



ini foto, aku Rampok dari BBM u.
ckckck.... maap yak! :-D



okeeee..... sekarang giliran kalian siapa sahabat Gokil kalian??? ^_^



Farieco Paldona Putra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar