Kamis, 01 Januari 2015

I LOVE ROHIS ^_^ SMA 1 PANTAI CERMIN

Rindu… 

Berjuta untaian kata perlahan menerawang, mengalun merdu meraba sang waktu
Pejamkan mata, seiring menuai rindu-rindu yang sempat hilang ditelan waktu
Jejak-jejak pijakan kaki mungil itu merayuku bercerita tentang  sepotong episode
Ya, sebuah episode dimana lebih dari sekedar Cinta

Kilas ku terbayang, mengiring membawa ku kembali ke suatu masa,
Merindu akan raut-raut wajah mu, mengisi di setiap potongan-potongan mozaik kenangan tak terlupakan
Hingga kebersamaan menyatukan hati-hati kita, izin sang Maha Cinta berkerja didalamnya.

Episode itu tidak akan pernah terulang, tapi halaman-halaman coretan putih itu selalu ada
Waktu tidak pernah melangkah mundur, membawa kembali hingga kesatu titik,
Dan senja tak pernah terulang
Tapi pagi selalu menawarkan cerita yang baru

***
Assalamualaikum w.wb  hoi..hoii..hoii.. temen-temen apa kabarnya? 
Somoga dalam keadaan sehat dan tentunya tetap semangat “Allahuakbar !!!”.hai hai… semua tau ngak? Ndak tau kenapa beberapa hari ini saya dihantui oleh manusia-manusia tergokil masa-masa umur 16an lho.. iya, mereka tuh kayak Zombie cakar-cakaran hingga jambak-jambak rambut saya haha. *bukan! bukan..bukan.. maksutnya, ane lagi kangen banget sama mereka teman-teman SMA T_T uuhhh. JUJUR deh… kalo bicara tentang kisah masa-masa SMA selalu seru buat diinget-inget betul tidak? Misalnya nih; “kisah kasih disekolah”, “catatan si boy”  ** haha.. jadul banget. 

Oke, Beberapa hari ini ane jadi kangen sama teman-teman spesial yang selalu dihati, Luar Biasa. Kamu pernah denger Ekskul yang namanya itu paling KEREN se-Jagat Raya? Yap, jika kamu berfikir tentang kata  “R-o-h-i-s”! jujur bro salut saya,  ‘kamu luar biasaaaahhh’. B-) Hehe udalah jangan berlama-lama
 
Check it out….

Ini adalah sepotong cerita Rohis SMA , bak segenggam memoar yang isinya kisyah-kisyah sejarah yang penuh tawa ceria setidaknya lebih dari sekedar tawa para arwah-arwah, pejuang-pejuang penuh darah-darah hulalahh… hingga masing-masing diri merasakan “WAHhhhhh”’” …dalam berserah..berserah!! 

“berserah ke siapa akhi”?? Ya berserah kepada Allah yang Maha Pemurah…….. dong yah :D

Rohis itu adalah: hayo apaa hayo?? 

hmmmmm.. Rohani Iskandar?? 

Hmm ..Atau Rohjali Iskandhar??

Atau Rohani iblis??, hulalaaa… buset daaahhh! mau digampar anak-anak Rohis se-Indonesia lu!?hohoho :D ...ohh, bukan juga. So apa dongg?

ajiiiiibbbb, ya tentu saja teman-teman semua sudah pada tau dong ya, yup...Rohis itu singkatan dari Rohani Islam... men! Ini tuh tempat dimana kumpulan anak-anak yang (katanya) alim, energik, pinter-pinter, suka nulis, ganteng-ganteng, cantik-cantik, jago makan ^_^, jago NgeBlog, jago ngaji, jago ngitung duit infaq, bahasanya santun, terkadang nih yah karena saking santunnya pantes untuk diberi santunan...eh eh eh...tapi nyatanya nggak gitu juga lho,

ada juga lho yang...suka bego-begoin, suka telat, ngomong kadang kotor, suka pasang pager *eh maksutnya manjat pager, gemar cabut, suka mojok di kelas hahaha (hayooo...), suka-suka ane dahhh...hehehe...

So, ngak semua anak Rohis itu alim, karena Rohis itu untuk semua orang...wadah dimana teman-teman ingin menjadi lebih baik... yuk masuk rohis! ^_^. dan untuk menjadi baik pasti awal-awalnya rada-rada merasa kurang sana sini. Untuk menjadi sempurna adalah kemustahilan kan, tapi untuk mendekati sempurna...itu masih masuk akal dong yak. Karena ”Rohis juga manusiaaaa!” kadang kalo lagi suntuk suka majuu-munduuur cuantikkkk!! juga haha.. *maklum men!! Syahrini jadi-jadian :-D

Rohis Al-Mahdani angkatatan 2005 SMA 1 Pantai Cermin, kabupaten Solok.Sumatera Barat.
teman-teman ada yang tau dimana SMA ini? Sekolah ini berada di daerah Kayu manang,Surian. sekolah negeri ini posisinya diperbatasan kabupaten Solok dan Solok Selatan. (inget Solok ya bukan Solo) hehe…

Ceritanya tuh dimulai dari sini, Awal-awal masuk SMA . waktu itu hmmm..tahun 2005, berangkat dari wajah kami yang masih sangat imut-imutnya *hehe, awal dari segalanya awal untuk menjadi seorang aktifis yang benci akan anarkis, seseorang yang mampu menjadi solusi di tengah-tengah masyarakat. 

Seperti biasa di sekolah-sekolah pada umumnya, siswa-siswa baru dipengujung kegiatan MOS pada di tawarin tuh oleh senior-senior, mau ngikutin ekskul apa, ada pramuka, basket, Rohis dll.. karena saya yang sedari Sekolah Dasar hingga Madrasah (SMP) suka sekali dengan kegiatan Pramuka (berkemah) maka masuklah kekelompok kepramukaan yang diorganisir oleh beberpa senior.

Akhirnya pilihan jatuh ke Pramuka dan Basket. Ini nih tanda tanda masih ababil banget, selalu terpengaruh dengan sesuatu yang kelihatannya “keren”. waktu itu entah kenapa Kegiatan kepramukaan disekolah agak fakum aktifitasnya, ngak tau kenapa deh. 

Suatu kali saya dan sahabat  saya  namanya Arif, saat “krida” hari itu hari sabtu. Tiba-tiba saya di ajak oleh salah seorang sahabat entah kelas berapa dia, ia bersayap, mungkin dia malaikat dari syurga.hahaha :D ahhhhh,,,, gitu deh pokoknya. dia ngajak 

“hy bro yuk ke mushollah” ‘ teman-teman Rohir lagi bedah Film lho… :-D” 

jujur saja awal nya saya tidak tertarik sama sekali saat itu, ya palingan denger ceramah…. Ya secara anak Rohis Gitu laho… (dasar saya pemikiran sempit waktu itu).

Sahabat saya Arif waktu itu pertama kali membuktiin meimplementasikan arti dari namanaya “Arif artinya sama dengan bijak”. nah..dia tu bijaksana banget,.. buktinya dia ngajakin saya
“yaudah yuk…” ‘kita ikuti tuh apa yang di lakuin oleh anak rohis dimushollah’," .dari pada bengong.
di mushollah cukup rame dengan teman-teman yang sedang asik ngelototin sebuah TV GEDEE.. (Gede pada zamannya sih!),waktu itu lagi diputar Film Documenter karya Harun Yahya, tentang kehidupan. 
jujur saja waktu itu adalah pertama kali saya nyaksiin karya Harun Yahya, film documenternya KEREEEN!, sampai-sampai saya mau bertahan duduk beberapa lama di forum itu. setelah selesai nonton saya nengokin pembinanya dan kakak kelas pada buka sesi Tanya jawab PLUSS pesan dan kesan gitu khusus dari peserta. 
Tampa diduga kesan pertama terasa hangat dan menarik, membahas film yang kebetulan menarik bagi saya.
akhirnya saya dan sahabat saya Arif memutuskan untuk ikut di acara beda film selanjutnya, perlahan tapi pasti saya mulai menemukan dan bergaul dengan teman-teman yang jago bicara didepan umum, jago ngaji, jago mengemungkakan pendapat dan mereka sangat terbuka.*ngak nyangka. -_-

Saya yang awalnya cuek, kini punya banyak teman di ekskul Rohis mulai ikut kegiatan pengembangan diri ala rohis setiap minggunya, asik. Waktu itu saya lebih memilih Rohis dari pada pramuka, waktu itu awal 2006 saya putuskan untuk ikut rohis, tentu saja sahabat saya nan bijaksana (Arif) selaku ikutan, kegiatan Rohani Islam itu banyak banget hal menarik yang saya dapatkan, kamu tau apa? Rohis SMA 1 Pantai Cermin itu punya konsep yaitu pengembangan diri yang baik dan menjadi siswa yang bermanfaat bagi orang sekelilingnya, dan tentu saja berintelektual yang baik. 

Kegiatan rohis itu beragam setip minggunya, jadi ngak melulu Denger ceramah dari seorang ustad. Bukan… bukan itu saja, minggu pertama kita bedah film, minggu kedua materi dari Pembina, minggu ketiga kita praktek berpidato/kultum secara pribadi di depan teman-teman, minggu ke empat kita “curhat” minggu ke lima kita Games dan minggu ke enam kita tafakur alam. nah Konsep belajar seperti ini yang bikin saya dan teman-teman rohis demen dan tentunya semangat buat belajar dan ngikutin kegiatan-kegiatan setiap minggunya, ohya Tim Nasyd juga ada lho. (metode ini bisa di contoh oleh Rohis lainya yah :D)

Memang betul, oke dan ngak okenya pribadi-pribadi yang bernaung disebuah organisasi di pengaruhi oleh Pembina didalamnya. Pembina kami adalah seorang guru Agama (bapak Emrifa) beserta Istri belau (bu Devi) yang kebetulan guru kimia kami (apa kabar bapak dan ibuk ? semoga sehat selalu aamiin.. *kami kangen T_T) mereka pusat inspirasi dan guru terbaik sejagat sungguh guru yang patut kami teladani. 

Dan kebetulan, di tahun 2006 itu dalam aktifitas rohis juga di semangati oleh seorang akhwat (kak ninin) dan ikhwan (kak Ari dan kak Ade) yang berstatus mahasiswa di perguruan tinggi di Padang, tentu saja mereka alumni Rohis SMA N 1 Pantai Cermin.

Secara konsisten mereka lah cikal bakal pembentuk kepribadian kami, mendorong agar menjadi lebih baik, memotivasi dan selalu mengajarkan hal-hal keren kepada kami.      
  
Di angkatan 2005 adalah titik awal dari kemajuan sebuah kegiatan ekstrakurikuler pengembangan diri yang bernama Rohis Al-Mahdani di SMA 1 Pantai Cermin. Teman-teman tau kenapa? Karena diangkatan ini lah secara kuantity kita oke, acara rutin berjalan dengan baik, dan tentu saja teman-teman didalamnya baik-baik. 

Satu hal yang menjadikan alasan bahwa saya pribadi menjadikan Rohis adalah keluarga, parameternya adalah kebersamaan, ya kebersamaan itulah menjadikan diri merasa dihormati, merasa dihargai, merasa ada nilai kesetian, merasa ada diantara sebuah kelompok yang selalu melindungi dan mendorong untuk menjadi lebih baik. 

Kamu tau? kebiasaan kita di rohis itu adalah kita saling mengunjungi, saya masih ingat posko utama kita selain mushollah adalah rumah Buk Devi/Pak Em. Nah disini lah kita lebih banyak belajar tentang komunikasi, kerja sama dan tentunya memperkuat Ukhuah diantara kita-kita. 

Setelah mau setahun saya berada dirohis saya lebih merasa itu bukan sekedar suatu organisasi Extra dari sebuah instansi yang bernama Sekolah, tapi lebih kepada sebauh keluarga, yaitu keluarga yang bertopang pada nilai Islami. Gimana tidak coba! coba lu bayangkan, kita tuh belajar kelompok, belajar ngaji, nyanyiin Lagu Mars Rohis(Bingkai Kehidupan), belajar ngomong didepan umum, mendisain Madding, masak makanan, bersihin mushollah, tafakur alam/jalan-jalan, Mabit (malam bina iman dan takwa), ngeGames dilapangan terbuka, berdiskusi, saling mengunjungi jika ada yang sakit, dan bahkan sampai ke Curhat, nah itu semua kita lakukan secara bersama-sama, iya bersama-sama …..! kebayangkan sedihhhhnya….  Serta menangung rindu disaat Perpisahan kelas tiga nanti??? …..  wahhh jangan ditanya, T_T sedih bangettt men! 

Oke, ini sebuah kisah kebersamaan yang jauh lebih indah dari sekedar cerita cinta picisan yang kita kenal “kisah kasih disekolah” dimana bercerita tentang dua orang monyet #eh,, sory, maksutnya dua orang bego’ yang lagi sindrom cinta monyet,hehe… *afwan hanya becanda :D

Ya jauh lebih dari sekedar itu bro, dan saat ini dari hati yang sanggat dalem saya merindukan kalian semua, salam rindu salam ukhuah luar biasa, semoga suatu hari kita akan berkumpul lagi di tempat yang asik buat bercerita, aamiin . I LOVE YOU ALL BECAUSE ALLAH.

Buat yang pertama, yang sepesial di hati tentunya, salam cinta buat Bapak Emrifa, begitu juga dengan Ibu Devi beserta putra dan puntri (mungkin sudah pada gede sekarang yah ^_^)

Yang kedua, buat senior-senior yang luar biasa salam rindu buat Kak Ari, kak Ade, Kak Bus, Bg Jul, kak Ninin, Kak Tesi.

Yang terakhir  nih.. buat manusia-manusia ter Kece sedunia, mudah-mudahan saya tidak salah ngetikin nama kalian semua yah ^__^ 

Buat yang Ikhwah : Mayardi Bupe Amsauri, Arif Mulyadi, Mory Satria, Januardi, Muhamad Irsyad, 

Buat yang Akhwat : Rini Yulymarlina, Umul Husni, Afrianil Fitri, Afni, Asmarni Fajriah, Yulita Fitra Suryani, Rahmita Etna, July Hartati, Yunita Roza   

Duh… barangkali masih banyak yang lain, tapi tentu saja ini adalah makluk angkatan 2005, [yang aktif dan tentu saja yang saya inget hehe]  
ini lah manusia-manusia yang ku rindu bertahun-tahun. Gimanapun kondisi kalian sekarang, seperti apapun itu kehidupannya, tak masalah yang penting kita pernah ada disini, di keluarga besar Rohis SMA N 1 PANTAI CERMIN dan kita tetep bersaudara, berkeluarga, dan suatu saat nanti kita akan kembali menjalin silaturahim In syaa Allah yah.

Buat teman-teman adik-adik kelas dimanapun berada tetap semangat juga dong yah.
Ada yang hafal lirik lagu bagus ini?? :-D jika kamu tau! pasti kamu KEREN!! :D

Reff 1

Aku anak rohis                   
Selalu optimis                        
Bukannya sok narsis        
Kami memang manis       
         
Kubuka jendela pagi                                           
Rasakan hangat mentari                                                         
Mulai kulangkahkan kaki                               
Semangat tinggi di hati        
                            
Di sekolah berprestasi
Tak lupa aku tuk mengaji                 
Sebagai bekal di dunia                     
Dan akhirat nanti…       
                      
Reff 2 :   
Kami aktivis                                                                                           
Benci anarkis                                   
Walau kantongku tipis
Bukan teroris

Kepada
Ayah dan bunda
Baktiku selalu tercurah
Agar berkah serta mudah
Jalani semuanya Lillah

Bersama kawan lewati Hariku
Dengan berbagi  
Syukuri dan tafakuri
Kebesaran illahi

Interlude :

Walau ku punya jenggot tipis    
Tapi ku bangga jadi aktifis
Kumasih bisa berfikir logis
Aku Anak Rohis Anti anarkis
 ^_^
Silahkan lihat di YOUTUBE yah, judulnya : Rohis Bukan Teroris - Munsheed United feat. Asma Nadia
---------
Kita semua di ajarkan untuk berbuat sesuatu yang berguna untuk diri, keluarga dan orang banyak, dengan memiliki kepribadian produktif  berdasarkan potensi masing-masing, saya percaya dengan bersatu padu kita bisa membentuk masyrakat mahdani, optimis, In syaa Allah.

Orang bilang kebijksanaan adalah
posisi dimana kamu mampu bersabar dan bertahan, baik itu kuat dalam kondisi bahagia dan kuat dalam kondisi yang sulit, tak berlebihan tidak jua dalam kekurangan,
Karena ia menyadari semua ini hanyalah fana tak lebih dari kehdupan dunia yang begitu pendek

Karena yang bakal kita temui adalah kehidupan setelah kehidupan
Yaitu dimana kita bertemu muka dengan Ar-Rahman,
Sang Kekasih Sejati



ngak banyak dokomentasi yang saya punya, inipun dibela-belain mintak kirimin hehe..


















dan selalu gregetan kalo lihat photo-photo jadul diatas,..  :-D

kami anak rohis, kami memang manis ...  :-)



Terimaksih telah membaca.... ^_^ 

Assalamualaikum.w.wb


Farieco Paldona Putra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar